Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Tayamum Yang Benar Menurut Sunnah

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar Menurut Sunnah - Bacaan doa sesudah atau sebelum wudhu itu bukanlah merupaan kewajiban tapi itu hukumnya adalah sunnah, karena bacaan yang wajib dalam melaksanakan wudhu itu adalah niat ketika air nyampai kepada sebahagian dari wajah/muka, itu juga wajibnya di dalam hati akan tetapi di ucapkan dalam lisan itu juga hukumnya sunnah.

Namun walaupun bacaan doa sebelum atau sesudah wudhu itu hukumnya sunnah alangkah baiknya kita membacakannya biar wudhu kita itu ada dalam kesempurnaan dan bisa mendapatkan fahala/ ganjaran sunnah, bahkan bukan hanya bacan doa sebelum atau sesudah wudhu saja yang harus kita baca ketika wudhu itu banya lagi bacaan-bacaan doa yang hukumnya sunnah seperti doa membasuh muka, tangan, kepala, kaki dan yang lainnya.

Maka untuk itu kami disini akan berbagi sedikit ilmu tentang bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu yang benar singkat padat sesuai dengan sunnah dalam tulisan bahasa arab, latin lengkap dengan artinya guna untu membantu saudara-saudara kami yang masih belajar dimana saja berada atau karena mungkin lupa lagi atas bacaan doa tersebut seperti di bawah ini:

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar Menurut Sunnah

Bacaan Doa Sebelum Berwudhu

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَ هذَاالْمَآءَ طَهُوْرًا رَبِّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ اَنْ يَحْضُرُوْنِ


Alhamdulillahi ladzi ja'ala haadzal maa-a thohuuroo robbi innii a'udzubika min hamazaatis syayathiini wa a'udzubika robbi ayyahduruun.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci dan menyucikan. Ya Allah, aku mohon berilndung kepada Mu dari godaan syaiton dan aku mohon perlindungan-Mu dari godaan syaiton yang akan datang.

Bacaan Doa Sesudah Ambil Air Wudhu (Doa Selesai Wudhu)

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ


ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ'ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ'ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

Artinya :Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)


Itulah yang dapat kami sampaikan bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu yang benar menurut sunnah, begitu juga kami sajikan sebelumnya bacaan doa-doa seperti doa keluar masuk mesjid, doa selamat, bacaan sholat, doa keluar rumah, doa sebelum dan sesudah makan minum dan masih banyak lagi yang lainnya, semoda dengan adanya artikel ami ini dapat bermanfaat bagi kia semua. Amiiiiin.

Advertisement