Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Arab Latin Lengkap Dengan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Arab Latin Lengkap Dengan Artinya. Doa qunut adalah merupakan doa yang di bacakannya ketika sholat tepatnya pada i'tidal rakaat terakhir terutama pada sholat subuh sambil mengangkatkan dua belah tangan, namun ada juga yang dibacakannya luar dari pada sholat subuh dengan nama doa qunut nazilah, adapun hukum membaca doa qunut itu sunnah.

Menurut mazhab Imam Syafi’i bahawa membaca doa qunut dalam shalat Subuh, pada saat i’tidal rakaat kedua dan sholat witir setengah terakhir bulan romadhan, itu hukumnya sunat ab’adh dalam arti setiap orang yang melaksanakan akan diberi pahala dan bagi yang lupa atau lalai tidak membacakan doa qunut disunatkan untuk menggantikannya dengan 2 x sujud sebelum membaca salam yang di namakan sujud sahwi.

Ada juga membaca doa qunut itu yang sunat biasa saja sehingga kalau kita tidak melakukannya tidak harus sujud sahwi, seperti pada waktu saudara kita umat islam sedang mendapatkan bencana dengan nama qunut nazilah dan dilaksanakannya bisa setiap sholat selagi musibah masih ada dan kalau Imam melaksanakan, namun jika Imam meninggalkannya kita juga sebagai ma'mum harus turut saja pada Imam.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Arab Latin Lengkap Dengan Artinya

Dengan bacaan doa qunut nazilah kita akan banyak mendapatkan fahala/ ganjaran dari Alloh SWT karena kita telah berbuat baik sama saudara sesama muslim yang sangat membutuhkan pertolongan dari Alloh SWT pada waktu mendapatkan musibah. Adapun lafadz bacaan doa qunut sholat subuh dan qunut nazilah dalam bahasa arab, latin dan artinya kami sajikan seperti di bawah ini:

Bacaan Doa Qunut dalam Bahasa Arab Latin Lengkap Dengan Artinya;


اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ

وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ

وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،

فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 

Bacaan Doa Qunut (Latin)
Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya :
Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Untuk bacaan doa qunut nazilah sebetulnya tida adak ketentuan lafadz itu bisa kita sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi pada waktu datangnya bencana misalnya kita mau mendoakan orang muslim yang ada di palestina atau muslim rohingia dengan bacaan:


اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا الْمُجَاهِدِيْنَ فِيْ سَبِيْلِكْ، والْمُضْطَهَدِيْنَ فِيْ دِيْنِهِمْ فِيْ كُلِّ مَكَان، اَللَّهُمَّ انْصُرْ إخْوَانَنَا فِيْ فِلِسْطِيْن وفي رُوْهِيڠيَا، اَللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ، اَللَّهُمَّ اجْمَعْ كَلِمَتَهُمْ، وَوَحِّدْ صُفُوْفَهُمْ، يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ, رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنْ الْخَاسِرِينَ.


Artinya: Ya Allah bantulah saudara-saudara kami para pejuang di jalanMu, yang ditindas kerana agama yang mereka anuti di semua tempat. Ya Allah bantulah saudara-saudara kami di Palestin dan di Rohingya, Ya Allah bantulah mereka, Ya Allah bantulah mereka berdepan dengan musuhMu dan musuh mereka, Ya Allah satukanlah kalimah mereka, dan saf-saf mereka, wahai Tuhan sekelian alam, Wahai Tuhan kami sesungguhnya kami telah menzalimi diri kami sendiri, jika Engkau tidak mengampunkan kami dan mengasihani kami, sudah pasti kami akan tergolong dari kalangan orang-orang yang rugi."

Demikian yang dapat kami sampaikan Bacaan doa qunut sholat subuh arab latin lengkap dengan artinya, begitu juga kami sajikan kumpulan-kumpulan doa seperti doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa sholat dhuha doa sholat tahajud dan masih banyak lagi yang lainnya makanya terus saja update disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Advertisement