Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha

Advertisement
Advertisement
Taca Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat. Sholat taubat adalah termasuk salah satu sholat sunnah, yang mana dilaksanakan ketika kita ingin memohon di hapuskannya segala dosa yang telah kita perbuat dari mulai dosa kecil sampai dosa besar dalam menjalani kehidupan di dunia ini, karena yang namanya manusia dalam kehidupannya sadar tak sadar sengaja atau tidak pasti mengalami perbuatan buruk yang sifatnya dosa di hadapan Alloh SWT.

Dengan perbuatan seperti itu maka seharusnya dan secepatnya kita bertaubat kepada Alloh SWT dengan taubat nasuha, sebab setiap keturunan Adam pasti berbuat dosa, namun sebaik-baiknya orang yang berdosa adalah yang bertaubat. Untuk waktunya taubat itu adalah setiap kali kita berbuat dosa (keji dan Munkar) langsung bertaubat jangan menunda-nunda waktu, karena semakin sering kita berbuat dosa walaupun dosa kecil akan menjadi besar, yang mungkit agak susah untuk bertaubatnya.

Namun walaupun kita berbuat dosa sebesar apapun tetap kita optimis kepada Alloh SWT untuk menerima dan mengampuninya dosa kita, makanya kita jangan putus asa segeralah bertaubat siang maupun malam dengan disertai hati yang tulus dan merasa menyesal juga tidak akan mengulangi lagi atas perbuatan yang pernah kita kerjakan sambil memperbanyak baca istighfar ( minta diampuni) dosa kita oleh Alloh SWT.

Taca Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat

Adapun tata cara taubat nasuha pertama kita melaksanakan sholat taubat dengan tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat taubat akan kami jelaskan dalam artikel ini dengan bahasa arab latin lengkap dengan atinya dan waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat taubatnya. Pertama kita ketahui dulu syarat-syarat tauba diantaranya:

1. meninggalkan perilaku dosa itu sendiri
2. menyesali perbuatan maksiat yang telah dilakukan.
3. berniat tidak melakukannya lagi selamanya.
4. membebaskan diri dari hak manusia yang dizalimi dg cara sbb:
(a) Apabila menyangkut harta dengan cara mengembalikan harta tersebut;
(b) Apabila menyangkut non-materi seperti pernah memfitnah, ngerasani (ghibah), dll maka hendaknya meminta maaf kepada yang bersangkutan.
5. memperbanyak baca istighfar.

Waktu Sholat Taubat
Waktu sholat taubat sebenarnya tidak ada ketentuan bisa kita laksanakan siang maupun malam asalkan jangan pada waktu yang diharamkan diantaranya:

1. Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
2. Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah (قيد رمح).
3. Dari saat matahari persis di tengah-tengah sampai condong.
4. Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari.
5. Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.

Tata Cara sholat Taubat
Tata cara sholat taubat sama halnya seperti sholat biasa saja hanya pada bacaan lafadz niatnya saja yang berbeda seperti bacaan niat sholat taubat berikut ini:

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي


Teks latin: Ushalli sunnatat Taubati rokaataini lillahi taala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah.


Bacaan Sholat Taubat
Rakaat pertama: Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun
Rakaat kedua: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas.
kalau tidak bisa bacaan surat setelah Al-fatiha surat apa saja yang kita hafal.

Doa Dan Bacaan Setelah Sholat Taubat
Setelah salam, lalu membaca istighfar 100 kali اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ

Setelah istighfar, baca doa dibawah ini:


اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ


Artinya: Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

Demikian yang dapat kami sampaikan tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat taubat arab latin dan artinya yang benar, begitu juga kami sajikan pada artikel selengkapnya niat puasa senin kamis, tata cara sholat dhuha dan doanya, sholat tahajud, sholat tasbih, sholat istikharah dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnnya bagi kita semua.

Advertisement